Powered By Blogger

Senin, 22 Juli 2013

Peranan Internet Bagi Pertanian




Akhir-akhir ini internet sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Internet tersebar luas diseluruh lapisan masyarakat diseluruh dunia. Banyaknya pemakaian internet tidak lepas dari dampak-dampak yang diterima oleh masyarakat tersebut. Banyak sekali dampak-dampak yang kita ketahui dari internet itu sendiri.
Manfaat dari internet sendiri tersebar keberbagai bidang-bidang kehidupan, seperti bidang kesehatan, bidang pemerintahan, bidang pendidikan, bidang pertanian, bidang keagamaan, bidang perternakan, dan masih banyak bidang yang bermanfaat dari internet.
Pertanian adalah salah satu hal yang tak lepas kaitannya dengan negara Indonesia. Karena sebagian besar pekerjaan masyarakat yang ada di Indonesia adalah di bidang pertanian. Mengapa pertanian? Ya, jelas saja karena negara kita ini kaya akan lahan pertanian atau sering kita sebut persawahan. Banyak sekali dampak positif dari internet di bidang pertanian namun tak jarang banyak orang-orang yang tidak paham atau tidak tahu mengenai dampak internet bagi bidang pertanian. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi di segala belahan dunia, termasuk di Indonesia. Banyak sekali dampak-dampak dan manfaat penting internet bagi pertumbuhan dan perkembangan di bidang pertanian tanpa kita sadari. Untuk itu, saya akan mencoba berbagi pengetahuan untuk teman-teman semua tentang manfaat, dampak internet di bidang pertanian.
Berkembangnya teknologi di seluruh dunia yang sangat pesat juga berdampak pada bidang pertanian. Siapa duga bidang pertanian juga terimbas arus kemajuan teknologi. Pastinya terbawa arus kemajuan yang positif. Teknologi tersebut dimafaatkan kedalam 3 cabang di dalam pertanian. Tiga cabang dalam pertanian tersebut adalah penanaman, peternakan, dan perikanan.
Internet dalam bidang pertanian dapat memberikan informasi kepada para petani tentang pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk, irigasi, ramalan cuaca dan harga pasaran. Tentunya hal ini akan berimbas baik ataupun positif pada hasil tani nya. Selain itu, manfaat internet bagi petani juga dalam hal kekoperasian dan advokasi. Lalu, petani juga bisa memberikan informasi tentang hasil pertaniannya melalui internet. Petani bisa menjual hasil-hasil yang didapatnya melalui media internet atau jual beli secara online. Banyak sekali bukan dampaknya internet di bidang pertanian? Internet juga membantu para petani dalam pemasaran ke distributor lebih cepat melalui internet. Selain itu, petani juga dapat mengakses segala informasi yang ia butuhkan tentang pertanian dari internet apabila ia tidak menda[atkan jawaban dari sang ahli riset pertanian.
Banyak sekali peranan internet bagi bidang pertanian. Salah satunya adalah sebagai sumber informasi. Makustnya bagaimana? Maksudnya para petani, konsumen, dan distributor dapat memperoleh informasi pertanian melalui internet. Informasi yang didapatkan sangat banyak, seperti harga-harga tanaman pertanian, perkiraan cuaca, dan jasa pertanian. Petani juga bisa mendapatkan informasi tentang kualitas-kualitas pupuk yang sebaiknya digunakan untuk lahan pertaniannya. Selain itu, para produsen dapat bertukar pikiran satu sama lain melalui media internet seperti chatting atau email.
Petani sedang belajar komputer dan internet di Kulon Progo
Selain sebagai sumber informasi, internet bagi bidang pertanian juga berperan dalam model data produktivitas.  Model data produktivitas berkaitan dengan cuaca dan pasar dalam memanfaatkan data secara canggih untuk menentukan model seperti kontrol hama atau strategi pupuk.
Selain itu, internet juga berperan di dalam penjualan produk. Penjualan produk dapat dilakukan secara jual-beli secara online. Penjualan akan berlangsung dengan lebih mudah melalui online. Penjualan secara tradisional biasanya akan memakan waktu lebih banyak daripada secara online. Hal ini dikarenakan karena secara tradisional membutuhkan waktu untuk berjalan puluhan bahkan mencapai ratusan kilometer untuk menjual hasil produksi pertaniannya. Terlalu lama di dalam perjalanan akan membuat kualitas produk menurun. Hingga banyak juga peristiwa jika produk sampai ditempat tujuan dengan keadaan yang sudah tidak segar, dalam kata lain produk tersebut layu. Hal ini tentu saja membuat para produsen juga rugi. Dengan adanya internet, mereka bisa lebih mudah dan efisien dalam penjualannya.
Selain begitu banyaknya peran dan dampak positif dari penggunaan internet di bidang pertanian juga banyak kendala dalam enggannya para petani menggunakan internet. Berikut beberapa alasan-alasan mengenai enggannya petani menggunakan internet.
Ø  Keterbatasan fisik maupun nonfisik.
Kurangnya minat para petani untuk menggunakan internet dan alasannya karena di ladang tidak terdapat computer untuk mengakses internet.
Ø  Berdasarkan penelitian di Amerika, petani yang menggunakan internet hanya beberapa persen saja dan sisanya hanya sebatas e-commerce.
Ø  Masalah biaya.
Banyak petani yang menggunakan computer tidak dapat terhubung untuk akses internet karena harus menggunakan biaya. Maka dari itu, masih sedikit jumlahnya petani yang memanfaatkan jasa internet dan kemajuan teknologi untuk keperluan bertaninya.
Sekiranya ini adalah beberapa pernanan internet sebagai kemajuan teknologi di bidang pertanian. Banyak sekali bukan peranan beserta dampak-dampaknya meskipun kita belum menyadari dan belum cukup merasakan. Untuk itu marilah kita membantu negara kita sebagai generasi muda yang bertenaga dan kreatif untuk memberi solusi terhadap kekurang sadaran para petani untuk menggunakan akses internet. Kita bisa membantu dengan pelatihan-pelatihan mengoperasikan computer dan internet bagi para petani. Seperti halnya pelatihan computer bagi para petani di daerah Kulon Progo. Kita bisa membuka lembaga kecil untuk memberi pendidikan tentang bagaimana pentingnya peranan dari internet diberbagai bidang terutama di bidang pertanian. Dengan hal-hal kecil seperti ini kita bisa membantu kemajuan devisa dan perkembangan negara kita. Dengan hal kecil ini kita bisa membawa dampak besar perubahan bagi bidang pertanian di Indonesia. Mari kita bantu mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia dengan salah satunya di bidang pertanian.
Demikian ulasan tentang peran internet di bidang pertanian. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Tuhan Memberkati.


https://www.google.co.id/search?q=internet+sehat+tentang+pertanian&bav=on.2,or.r_cp.r_qf.&bvm=bv.49478099,d.bmk,pv.xjs.s.en_US.c75bKy5EQ0A.O&biw=1024&bih=444&um=1&ie=UTF-8&hl=en&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=-BTtUarDBsXMrQeQ2IC4Dw#facrc=_&imgdii=_&imgrc=x5AlP65ejpLDYM%3A%3BDIDks25bfk35JM%3Bhttp%253A%252F%252Fstatic.republika.co.id%252Fuploads%252Fimages%252Fdetailnews%252Fbaznas-tingkatkan-pertanian-peternakan-_130420132047-240.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fwww.republika.co.id%252Fberita%252Fnasional%252Fjawa-tengah-diy-nasional%252F13%252F07%252F03%252Fmpbjxn-prancis-ingin-kerja-sama-pertanian-dengan-diy%3B465%3B276

Tidak ada komentar:

Posting Komentar